Tutorial Membuat Coding Login PHP

Login dan register merupakan fitur yang ada hampir di setiap aplikasi maupun website, tentunya hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data penggunanya agar tahu seberapa besar anggota yang tergabung dan terdaftar pada web ataupun aplikasi tersebut. Coding login PHP menjadi salah satu metode yang biasa digunakan, dan bila anda tertarik untuk mendalami hal ini maka anda sudah tepat berada di situs ini.

Sebelum kita memasuki tutorial, perlu anda ketahui bahwa kami hanya akan membahas mengenai penggunaan PHP Native dan PDO sebagai penghubung ke database, dan kami juga menggunakan framework bootstrap 4 sebagai tampilannya. Selain itu, disini kami hanya akan membahas mengenai prosedur login dan register saja, kami tidak akan membas mengenai clas-clas lainnya. Kami beranggapan, bila pembaca sudah jagoan kode akan hal itu.

Alat yang perlu dipersiapkan

  • Teks editor bisa menggunakan apa saja yang anda kuasai
  • Web browser disini anda juga bebas menggunakan apa saja, ntah itu chrome, mozila, opera atau lainnya.
  • Server disini kami menggunakan PHP, Apache2/Nginx dan juga MySQI.

Setelah semua bahan sudah terpasang, lanjutkan dengan membuat project. Buatlah direktori baru dengan nama “php-login-register” di Htdocs, anda bisa menggunakan XAMPP untuk membuatnya. Sedangkan untuk pengguna server Apache2 dan Nginx, anda bisa emmbuatnya di “/var/www/html”.

Setelah itu, anda bisa mengikuti perintah berikut ini:

“sudo chmod 777 /var/www/html –R”, lanjutkan bawahnya dengan “mkdir /var/www/html/php-login-register” kemudian bawahnya lagi “cd /var/www/html/php-login-register”. Setelah selesai, buatlah tiga direktori di bagian dalam dengan menuliskan. “mkdir css js img”, kemudian buatlah file yang anda butuhkan dengan menuliskan “touch index.php login.php register.php logout.php timeline.php auth.php config.php”. Setelah anda selesai, lanjutkan engan membukanya melalui VS Code.

Disini anda akan melihat tampilan berubah, lanjutkan dengan melakukan ekstrak dan copy bahan anda kedalam file tersebut. Siapkan database yang akan anda gunakan, lanjutkan dengan membuat koneksi anda ke bagian database, membuat halaman utama dan yang terakhir adalah membuat fitur register di PHP.