Sejarah Berlangsungnya Umroh

Salah satu dari rukun islam untuk semua umat muslim adalah Menunaikan ibadah haji. Ibadah haji dilakukan untuk mereka yang mampu secara ekonomi, utnuk berangkat dan juga untuk yang ditinggalkan, mampu secara fisik. Mampu secara psikologis. Namun selain haji ada juga uvadah yang sama sama dilakukan di baitullah namun setelah pualng dari melakukan ibadah tersebut tidak memiliki predikat haji. Adalah umroh atau haji kecil yang dilakukan diluar bulan haji. Umroh  juga hanya dilakukan selama  9 hari serta ritual ibadah nya yang lebih sedikit ketimbang melakukan ibadah haji otomatis biayanya  Juga tidak terlalu mahal seperti melakukn ibadah haji. Untuk umroh kita bisa memilih paket umroh  yang ditawarkan oleh jasa travel yg ada di sekitar kita. Namun tau kah anda  sejarah tentang umroh. Di dunia ini selalu ada miustery dan sejarah tersembunyiu pada masing masing tempat yang diciptakan oleh Allah SWT. Beda tempat lain juga ceritaya. Tak hanya berwujud suatu kawasan saja, melainkan suatu kegiatan tertentu juga memiliki sejarah, salah satunya ialah kegiatan umroh tadi.

Sejarah Umroh Dan Asal Mulanya.

Dalam maknanya umroh memiliki artian yaitu berziarah. Jika dimaknakan secara syar’I  umroh adalah berziarah ke Baitullah atau Mekkah dengan berniat melakukan Ihram, melakukan thawaf dan mengeliulingi ka’bah, sa’I diantara shafa dan marwah serta mencukur rambut. Umroh adalah bagian dan merupakan satu aktivitas ibadah dalam agama islam yang mana sejarahnya tak lepas dari peran dan asal usul Nabi Muhammad SAW dalam melakukan ibadah haji untuk pertama kalinya.

Pada tahun 6 hijriyah. Nabi Muhammad SAW menjalani ibadah haji dengan 1500 sahabat kemekaah . mereka semua berangkat dengan menggunakan pakaian Ihram, berbentuk kain putih tanpa jahitan dengan mengendarai unta yang ditujukan sebagai hewan qurban . Tetpi dalam perjalanan yang pertma kalinya ini tidak berjalan mulus. Rombongan nabi di hadag oleh kelompok Quraisy di hudabiyah. Lalu darisna tercetuslah perundingan  Hudaibiyah.

Beberapa point tersebut cukup merugikan kaum muslimin. Karena kaum muslim dilarang melakukan ibadah  haji di tahun tersebut. Dan hanya bisa kembali pada tahun depan namun tidak diperbolehkan melebihi 3 hari. Karen hal tersebut kemudian nabi Muhammad Saw beserta sahabat menunda perjalanan ibadah haji yang kali pertama itu . Meskipun banyak dari para sahabat yang tidak menyetejui perjanjian itu tetapi dengan ke tabahan nya Nabi Muhammad SAW tetap menyepakati perjanjian terebut.

Pada tahun berikutnya yakni du tahun 7 Hijriyah. Nabi Muhammad SAW dengan 2000 orang di dalam rombonga berhasil menjalankan umroh ke Baitullah. Mereka memasuki ka’bah dan segera menjalani Thawaf

Seusai thawaf 7 kiali putarabn mengelilingi baitullah Rasulullah kemudian melakukan shalat dimakam Nabi Ibrahim AS lalu meminum air Zam-Zam. Stelahnya dilakukan sa’I atau lari lari kecil yang diawali dari shafa ke marwah. Dan sebagai penutupya nabi melakukan kegiatan tahallul atau mencukur sebagian rambut nya.

Sampai saat ini yang dilakukan Nabi Muhammad saw  pada  waktu melakukan Umroh pertama kali dijadikan sebagai rukun Umroh sampai sekarang untuk seluruh umat islam yang menjalani ibadah umroh, yakni meliputi Ihram atau niat. Thawaf dan sa’I Tak lipa kewajibannya yang berisi menjalankan ihram ketika memasuki niqat dan tawatulll.

Artikel ini hanya berbagi edukasi untuk anda  sebelum  memilih  paket umroh jika anda  mempunyai niat melakukan ibadah umroh.