Cara Menghilangkan Benjolan pada Payudara Karena FAM

FAM atau fibroadenona atau disebut juga dengan nama fibroadenoma mammae adalah salah satu bentuk tumor jinak yang paling umum ditemukan di payudara. Tumor ini pada umumnya tidak terasa sakit dan mudah bergeser bisa disentuh. Namun, Anda tentunya mau tahu bagaimana cara menghilangkan benjolan pada payudara karena FAM ini, kan? Ini dia!

Penyebab Terjadinya Fibroadenoma

Sebelum Anda tahu bagaimana cara menghilangkannya, baiknya Anda tahu dulu apa saja yang menyebabkan penyakit yang satu ini. Fibroadenoma pada umumnya terjadi karena hormon reproduksi seseorang. Namun, meski begitu penyebab pastinya masih belum diketahui.

Ada beberapa fibroadenoma yang muncul dikarenakan respon tidak normal tubuh wanita terhadap homon estrogen yang ada pada tubuhnya. Pada umumnya, ukuran dari fibroadenoma ini cukup kecil. Namun, bisa meningkat ketika wanita dalam masa reproduksi.

Jenis-Jenis Fibroadenoma

Selain itu, sebelum Anda tahu bagaimana cara menghilangkan benjolan pada payudara dikarenakan fibroadenoma ini, Anda harus tahu apa saja jenisnya lebih dulu. Jenis fibroadenoma pertama adalah fibroadenoma kompleks yang biasanya terjadi karena pertumbuhan sel yang cepat. Lalu ada fibroadenoma juvenile.

Jenis yang satu ini adalah yang paling umum diderita wanita dan lebih banyak diderita wanita usia 10 sampai 18 tahun. Jenis yang satu ini biasanya akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Lalu, ada fibroadenoma besar yang ukurannya bisa mencapai 5 cm. Jenis terakhir ada tumor phyllodes yang merupakan jenis yang bisa berubah menjadi tumor ganas.

Bagaimana dengan Gejalanya?

Untuk gejala, semua jenis fibroadenoma di atas rata-rata memiliki gejala yang sama. Ciri-cirinya adalah Anda tak akan merasa sakit meski benjolan itu makin membesar. Selain itu, bentuknya bundar dan tepi benjolan bisa Anda lihat dengan jelas. Lalu, benjolan karena fibroadenoma ini bisa digerakkan dan konsistensinya kenyal dan padat.

Cara Menghilangkannya?

Pada dasarnya, untuk menghilangkan fibroadenoma ini tidak memerlukan pengobatan sama sekali. Namun, seringkali dokter menyarankan operasi dikarenakan untuk menghindarkan rasa cemas yang dialami wanita. Sebelum operasi, diperlukan pemeriksaan fisik, tes pemindaian dan bipsi lebih dulu untuk menentukan prosedur mana yang cocok.

Prosedur pengangkatan fibroadenoma ini ada dua. Pertama adalah lumpektomi atau pembedahan dengan cara memotong atau mengangkat benjolan fibroadenoma itu. Sedangkan metode yang kedua adalah cryoablation yakni dokter akan memasukkan alat tipis mirip tingkat ke benjolan melalui kulit untuk membekukan jaringan tumor itu dengan memakai gas.

Namun, Anda juga bisa melakukan pengobatan di rumah dengan cara melakukan gaya hidup sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan berolahraga teratur serta diet yang tepat.

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara menghilangkan benjolan pada payudara akibat FAM atau fibroadenoma, kan? Fibroadenoma sebenarnya tak berbahaya namun bisa menyebabkan komplikasi pada penderitanya. Oleh sebab itu, dokter sering menyarankan mengangkatnya. Mau info lain seputar kesehatan? Yuk, kunjungi Orami.id untuk lebih lanjut!