Cara Menanam Bibit Bunga Telang

Ada beragam jenis tanaman yang bisa digunakan untuk alternatif dalam bercocok tanam, mulai dari sayuran, buah atau tanaman hias. Tentunya hal ini akan menjadi hobi tersendiri bagi penggemarnya, pasalnya ada beragam jenis tanaman yang bisa dipilih untuk dijadikan hiasa. Salah satu tanaman hias adalah bunga telang, dimana anda akan membutuhkan bibit bunga telang untuk bisa menanamnya.

Mungkin untuk beberapa diantara anda, bunga jenis ini kurang begitu familiar di dengar pasalnya memang bunga ini sudah jarang ditemui. Kesulitan untuk ditemui ini disebabkan bunga ini tergolong pada bunga liar, sedangkan alam di Indonesia sendiri sudah mulai dirusak. Dimana bangunan mulai dibangun, lahan dibabat untuk dijadikan perkebunan.

Namun untuk anda yang menginginkan untuk menanam bunga telang ini tak perlu khawatir lagi, pasalnya anda bisa membeli bibit bunga ini dari orang yang jual bibit bunga ini secara online. Adapun ciri dari bunga ini ada di bagian warna dan bentuknya, warnanya biru terang kadang juga putih.

Terkadang orang menggunakan bunga ini untuk dipakai menjadi pewarna makanan, pasalnya warna yang dihasilkan bunga ini cukup sering membuat orang tertarik. Untuk anda yang ingin membudidayakan bunga ini, berikut cara menanam bunga agar berhasil tumbuh dengan baik.

Tips menanam bunga telang

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan bibitnya, anda bisa mendapatkannya dengan membeli di penjual bunga secara offline maupun online. Kemudian pastikan bibit bunga dalam kondisi kering ketika anda terima, dan masukkan ke dalam wadah yang berisi air bersih selama 3 sampai 5 menit.

Perhatikan kondisi benih, apabila benih mengapung maka benih tak layak tanam. Kemudian benih yang tenggelam, biarkan benih tersebut selama 12 jam untuk menghentikan proses dolmasi sehingga mudah bertunas.

Setelah proses diatas anda selesaikan, langkah selanjutnya adalah memasukkan benih kedalam polybag yang sudah ditaruh tanah dan juga pupuk. Umumnya benih akan mulai muncul kecambahnya  selama 2 minggu. Biarkan keadaan ini selama 5 minggu, kemudian pindahkan ke media tanam atau bisa anda biarkan di tempat tersebut.