Beberapa Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Umroh Pertama Kalinya

Melakukan traveling tidak hanya untuk refreshing saja tetapi juga dapat dilakukan untuk tujuan spiritual. Salah satunya adalah dengan melakukan umroh atau yang lebih dikenal dengan sebutan haji kecil ke Mekkah. Untuk beberapa orang yang baru pertama kali melakukan ibadah umroh maka pastinya akan merasa nervous dan juga penasaran dengan suasana di Tanah Suci. Jika ditahun ini kamu ada rencana akan melaksanakan ibadah umroh maka adanya beberapa hal yang wajib disiapkan.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan untuk umroh pertama kalinya diantaranya yaitu :

  1. Memilih Waktu Yang Tepat

Hal pertama yang harus dipertimbangkan pada saat akan melakukan ibadah umroh adalah memilih waktu yang tepat. Memang umroh ini bisa dilakukan kapan saja tetapi supaya ibadahnya dapat berjalan dengan nyaman dan lancar, maka kamu harus jeli didalam menentukan waktunya. Pada saat musim panas yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus, suhu udara di Tanah Suci bisa mencapai hingga 45 0 C. Sedangkan jika musim dingin telah datang yaitu antara bulan November hingga Februari, malam hari suhu udaranya bisa mencapai 8 0C, sedangkan suhu udara di siang hari sekitar 380C hingga 420C. Setelah kamu mengetahui suhu udara yang ada di Tanah Suci maka kamu akan dapat menentukan akan melakukan umroh dibulan apa. Dan jika kamu ingin mengurangi biaya umroh maka sebaiknya menghindari umroh dibulan Ramadhan atau musim libur, karena pada saat saat itu biayanya cukup tinggi.

  1. Mencari Agen Travel Yang Terpercaya

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah memilih agen travel yang telah terpercaya. Tidak perlu bingung karena adanya salah satu agen travel yang dapat kamu percaya yaitu Blibli.com. Dengan membeli paket umroh di Blibli.com maka kamu bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan potongan harga hingga Rp. 1,5 juta. Selain itu juga akan adanya kesempatan untuk mendapatkan tiket pesawat gratis. Dan dihadirkannya 3 pilihan paket umroh sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki.

  1. Melakukan Latihan Fisik

Karena umroh ini termasuk kedalam kategori ibadah dan juga olahraga, maka kamu sebaiknya mulai melakukan latihan fisik ringan berupa jalan kaki atau jogging. Pastinya kamu sudah mengetahui jika pada saat melaksanakan ibadah umroh itu kamu harus melakukan tawaf, sai, dan harus berjalan kaki dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Oleh karena itu mulailah untuk melakukan olahraga ringan secara teratur supaya nantinya tubuh kamu akan terbiasa. Dengan melakukan itu maka akan semakin kuatnya fisik. Selain itu juga kamu harus mulai membaca dan mempelajari buku buku tentang umroh beserta doa doa dan juga solat sunnah.

  1. Membawa Perbekalan Secukupnya Dan Yang Diperlukan

Kamu juga harus membawa perbekalan yang cukup dan diperlukan seperti pakaian ihram, sandal atau sepatu, kaus tangan, kerudung panjang atau lebar, kaus kaki, face moisturizer, hand and body lotion, pakaian secukupnya, pakaian tidur, mukena, gamis panjang atau pakaian panjang, sajadah, Al Quran, obat obatan, multivitamin, pembalut untuk wanita, panty liner, jika diperlukan kacamata hitam, topi kecil, dan keperluan pribadi.

Selain itu yang harus kamu siapkan adalah membawa uang secukupnya saja. Jika hal hal diatas diperhatikan dengan benar maka proses persiapan umroh akan terasa mudah dan ibadah umroh pun akan berjalan lancar.